Umum

16 HAKTP, Yayasan Karampuang Gelar Talkshow ‘Perempuan Bersuara’


16 HAKTP, Yayasan Karampuang Gelar Talkshow ‘Perempuan Bersuara’


Mamuju – 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (HAKTP) merupakan hari internasional untuk penghapusan kekerasan terhadap perempuan. Kampanye 16 HAKTP dilaksanakan mulai tanggal 25 November sebagai hari internasional penghapusan kekerasan terhadap perempuan hingga tanggal 10 Desember yang merupakan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Internasional.

Mengisi momen internasional tersebut, Yayasan Karampuang bekerjasama dengan Global Affairs Canada - Affairs Mondiales Canada, FAMM Indonesia dan JASS Southeast Asia menggelar talkshow dengan tema Perempuan Bersuara : Bangun Solidaritas! Hentikan Kekerasan Terhadap Perempuan. Kegiatan tersebut berlangsung di Warkop DJ 47 Karema Selatan, Senin (25/11/19).

Direktur Yayasan Karampuang, Ija Syahruni menyampaikan bahwa kampanye 16 HAKTP diharapkan dapat menjadi aktivitas rutin setiap tahunnya. Terkait talkshow yang berlangsung, ia mengharapkan lahir rekomendasi dari berbagai pihak terkait begaimana pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan. Yang mana disampaikan bahwa kekerasan bukan hanya berbentuk kekerasan fisik, namun juga psikis dan seksual yang biasanya tidak dapat dilihat langsung dampaknya.

Salah satu input penting dari pertemuan tersebut yakni dalam penanganan dan pencegahan kekerasan terhadap perempuan, dibutuhkan kolaborasi bukan hanya oleh lembaga pemerhati perempuan dan pemerintah, khususnya Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, melainkan seluruh elemen masyarakat termasuk difabel perempuan.

Selain itu, penanganan hukum berbasis gender juga menjadi hal yang tidak boleh dikesampingkan untuk menangangi permasalahan kekerasan terhadap perempuan.

Narasumber dari talkshow tersebut hadir dari berbagai kalangan yakni dari Kejaksaan Negeri Mamuju, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Barat, Komunitas Kartini Manakarra dan Yayasan Karampuang selaku inisiator. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar