Umum

Akan Sajikan Data by name by address, Yayasan Karampuang latih Operator SIPBM Desa/Kelurahan


Akan Sajikan Data by name by address, Yayasan Karampuang latih Operator SIPBM Desa/Kelurahan


Sigi – Pendataan dan pemanfaatan data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) merupakan salah satu program yang kini dijalankan oleh Yayasan Karampuang, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala dengan dukungan Unicef Indonesia. Pada prosesnya, Maret lalu, fasilitator SIPBM tingkat Kabupaten dan Kecamatan telah mendapatkan pelatihan terlebih dulu. Saat ini, Yayasan Karampuang kembali melatih tim operator SIPBM yang akan bekerja ditingkat desa/kelurahan.

Hadir membuka kegiatan pelatihan operator SIPBM yang berlangsung di Pemancingan Nagaya Sigi, Rabu (1/7) lalu, Konsultan Unicef bidang Pendidikan, Zakir Akbar menjelaskan, Konsep SIPBM merupakan kelanjutan dari dukungan Unicef yang telah diberikan sejak pasca bencana September 2018. Mandat Unicef bagaimana agar anak-anak mendapatkan hidup yang layak. Adanya SIPBM memastikan bahwa proses pembangunan bisa berbasis data.

“Meskipun disebut sebagai operator, tapi tugasnya juga dapat berfungsi sebagai verifikator dan administrator. Untuk itulah akan diberikan juga pelatihan mengenai tugas tersebut. Fungsi utama dari operator adalah memverifikasi hasil pendataan, disamping fungsi-fungsi lainnya yang akan dijelaskan dalam pelatihan ini.” Urai Zakir.

Pada pelatihan yang berlangsung dua hari tersebut, tim operator desa/kelurahan mendapatkan penjelasan terkait konsep dasar SIPBM,  berikut mekanisme pembuatan dan pengelolaan akun SIPBM digital, serta pengenalan dan simulasi pengisian data pada Instrumen Keluarga. Selain itu peserta juga mendapatkan materi verifikasi data SIPBM, pelaporan hasil pendataan SIPBM serta tugas dan fungsinya sebagai operator (admin) kab/kota.

Selain di Sigi, kegiatan yang sama juga berjalan di Kota Palu, tepatnya disalah satu Café dan Resto, Jl. Pemuda Palu, selama dua hari mulai tanggal 1 hingga 2 Juli. Ditempat yang sama, tanggal 3 sampai 4 Juli berlanjut pelatihan bagi operator Kabupaten Donggala.

Adapun unsur peserta datang dari desa/kelurahan pilot program, juga dari Dinas Kominfo dan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah masing-masing wilayah Palu, Sigi dan Donggala.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut juga didukung oleh Kementrian Desa dengan disediakannya server untuk pelatihan operator/petugas pendata SIPBM. Pada pelaksanaannya, pelatihan berjalan dengan standar protocol corona virus disease 2019 (covid-19), seperti adanya tempat cuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, serta memakai hand sanitizer yang telah dibagikan oleh pelaksana kegiatan. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar