Umum

Bantuan Nontunai Kemitraan WVI Didistribusi ke 6 Desa/Kelurahan


Bantuan Nontunai Kemitraan WVI Didistribusi ke 6 Desa/Kelurahan


Mamuju - Respon bencana Sulawesi Barat, Yayasan Karampuang membangun kemitraan dengan Wahana Visi Indonesia (WVI). Salah satu program kerjasamanya ialah distribusi bantuan nontunai kepada keluarga terdampak bencana. Distribusi tersebut dilakukan di 6 titik desa/kelurahan yang berada di Kecamatan Simboro dan Kecamatan Tapalang.

Distribusi bantuan nontunai mulai dilakukan pada Rabu (3/3) di Desa Takandeang, kemudian berlanjut Kamis di Desa Botteng Utara, Jumat di Desa Sumare, Desa Tampalang dan Desa Taan, hingga hari ini (6/3) di Kelurahan Rangas. Total penerima manfaat yang tersebar di 6 desa/kelurahan tersebut ialah 700 Kepala Keluarga.

Muh. Fauzan selaku program officer kemitraan Yayasan Karampuang - WVI mengatakan bahwa setiap Kepala keluarga yang menerima bantuan nontunai harus sesuai dengan kriteria yang telah disepakati antara pemerintah desa/kelurahan dan tokoh masyarakat setempat. Diantaranya, yang memiliki anak usia 0-12 tahun, ibu hamil, bukan Aparat Sipil Negara (ASN), orang tua tunggal, orang tua tidak memiliki pekerjaan tetap, lansia, disabilitas, masih tinggal di posko, juga yang rumahnya rusak berat.

Selain itu, salah satu kategori penerima manfaat ialah orang tua dari anak yang terlibat dalam Ruang Sahabat Anak (RSA). Dimana sebelumnya, Yayasan Karampuang dan WVI telah menjalankan kegiatan dukungan psikososial RSA di 6 desa/kelurahan tersebut. Adapun fasilitatornya ialah guru dan relawan lokal yang telah dilatih.

RSA sendiri berjalan selama 3 sesi, dengan meilibatkan 600 anak dari 6 desa/kelurahan.Pada pelaksanaannya, RSA dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. olehnya itu, kegiatan dijalankan dimasing-masing dusun/lingkungan dengan jumlah 15-20 anak setiap pertemuan. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar