Umum

Bantuan Pemulihan Ekonomi Majene, Dua Desa Jadi Penerima


Bantuan Pemulihan Ekonomi Majene, Dua Desa Jadi Penerima


MAJENE,  REPORTASE  – Program Response Toward Resilience (RESTORE) di Kabupaten Majene, Sulawesi Barat memasuki babak baru.

Kini Yayasan Karampuang Mamuju (YKM) tengah berembuk dengan institusi pemerintah dalam agenda “Workshop Pemangku Kepentingan” dengan Pemerintah Kabupaten Majene. Terlaksana di LPMP Kabupaten Majene, Selasa 15 Juni 2021.

Workshop digelar guna menetapkan desa penerima manfaat dan menyusun draft awal panduan Focus Group Discussion (FGD) desa. FGD tersebut bakal menjadi dasar penetapan kriteria penerima bantuan guna usaha, sekaligus mengidentifikasi alat dan bahan yang dibutuhkan oleh kelompok usaha. Adapun kriteria penerima berasal dari aspirasi dan partisipasi masyarakat.

“Warga desa sepenuhnya yang akan menentukan kriteria penerima manfaat” ujar Project Manager RESTORE UNDP-YKM, Fauzan Basir.

Setelah itu, kata dia, hasil workshop ini akan menjadi bahan pelatihan bagi 6 fasilitator desa yang telah direkrut YKM secara objektif dan profesional yang akan bertugas di dua desa di Kabupaten Majene.

“Termasuk menjadi kerangka acuan kerja yang harus dilaksanakan selama mereka memfasilitasi FGD di dua desa itu,” ungkapnya.

Dalam dinamika workshop, YKM dan stakeholder menetapkan dua desa penerima. Masing-masing Desa Kayuangin Kecamatan Malunda dan Desa Salutambung Kecamatan Ulumanda.

Menurut Fauzan, kedua desa terpilih sebab terdampak gempa dan Covid-19. Banyak pelaku usaha yang usahanya terhambat, bahkan sampai gulung tikar. Diketahui setelah YKM melakukan asessmen dan komunikasi intensif dengan kedua pemerintah desa tersebut.

“Poin penting lainnya, di sana terdapat peluang usaha yang potensial untuk dikembangkan dan dikelola secara berkelompok oleh masyarakat,” tandas Fauzan.

Direktur YKM, Ija Syahruni menambahkan, ia sangat ingin membantu seluruh pelaku usaha dan kelompok usaha masyarakat. Akan tetapi, keterbatasan anggaran menjadikankan YKM sangat selektif mencari penerima. 

“Kami berharap project RESTORE ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Utamanya menggeliatkan kembali usaha mereka yang terkendala gegara bencana,” imbuhnya. (Reportase.co)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar