Perlindungan Anak

Berbagai unsur terlibat dalam Pokja Pencegahan Pernikahan Usia Anak


Berbagai unsur terlibat dalam Pokja Pencegahan Pernikahan Usia Anak


Unicef bersama Yayasan Karampuang membentuk Kelompok Kerja (Pokja) sebagai salah satu upaya pencegahan pernikahan usia anak. Pembentukan pokja tersebut berlangsung di Hotel D’Maleo pada Kamis 13 Juli 2017 yang melibatkan berbagai unsur.

H. Hajrul Malik dari Dewan Pendidikan disepakati menjadi Ketua Pokja. Unsur yang terlibat dibagi menjadi 4 divisi yakni Kesehatan, Pendidikan, Agama serta Hukum dan Advokasi.

Adapun program yang akan dilaksanakan pada divisi kesehatan diantaranya, Sosialisasi dampak perkawinan anak, Sosialisasi pada keluarga yang memiliki anak remaja, Konseling pra Nikah, Kelas Ibu Hamil (konseling dan penyuluhan) dan Parenting.

Sementara program pada divisi Pendidikan ialah melakukan sosialisasi dampak perkawinan anak, pendampingan dan pembinaan. Lalu divisi Agama dan Sosial sepakat dengan program pembinaan penyuluhan dengan pendekatan agama untuk mencegah perkawinan anak, Sosialisasi Undang Undang perkawinan serta melakukan kursus pranikah dengan berkunjung ke sekolah-sekolah. Kemudian program Divisi hukum dan advokasi ialah melakukan sosialisasi aturan hukum yang mengacu kepada Undang Undang perlindungan anak dan kekerasan dalam rumah tangga. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar