Perlindungan Anak

Bersalin di fasilitas kesehatan, kini include pengurusan akta kelahiran


Bersalin di fasilitas kesehatan, kini include pengurusan akta kelahiran


Beberapa fasilitas kesehatan di Kabupaten Mamuju telah menyertakan penerbitan akta kelahiran pada setiap persalinan. Pelayanan ini sudah berjalan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kab. Mamuju, Rumah Sakit Mitra Manakarra, juga Rumah Bersalin Mutiara Ibu. Ini disampaikan oleh Kepala Bidang Pencatatan Sipil Disdukcapil Mamuju Sunandarianti pada pertemuan yang berlangsung di d’Maleo Hotel (27/7) kemarin.

“Bahkan kami dari disdukcapil kadang menjemput langsung berkas yang ada di rumah sakit.” Sebut Anda, sapaan Akrabnya. Menurutnya, pelayanan dengan bentuk relasi tersebut dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akta kelahiran sehingga tidak ada lagi alasan masyarakat tidak memiliki akta kelahiran.

“Tinggal, bagaimana menyadarkan masyarakat untuk bersalin di fasilitas kesehatan.” Kunci Anda.

Sementara, ketua Ikatan Bidan IndonesiaIBI Mamuju, Hj Nadirah pun menghimbau masyarakat untuk mempercayakan proses persalinannya pada bidan di fasilitas kesehatan. Selain mendapatkan layanan pengurusan akta kelahiran, ini juga mengurangi resiko kematian ibu dan bayi.

Agar sistem relasi antara disdukcapil dan pihak rumah sakit dapat berjalan lancar, Perwakilan RSUD Mamuju yang turut hadir pada kegiatan itu, mengharapkan setiap orang tua mempersiapkan nama anak yang akan dilahirkan. Sebab terdapat beberapa kasus, pengurusan akta kelahiran oleh rumah sakit terhambat dengan alasan belum ada nama bayi.

“kadang kami mau isi formulir akta kelahirannya, tapi si orang tuanya belum menentukan nama anaknya, ini juga menjadi kendala di kami. Ada yang berasalan menunggu nama dari orang tua atau ada yang mengikuti adat keluarga yang nanti setelah tujuh hari baru dapat diberikan nama.” Urainya. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar