Umum

Disdukcapil Pasigala Susun SOP Layanan Akta Kelahiran di Desa/Kelurahan dan Fasilitas Bersalin


Disdukcapil Pasigala Susun SOP Layanan Akta Kelahiran di Desa/Kelurahan dan Fasilitas Bersalin


PALU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala (Pasigala) telah melakukan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) layanan akta kelahiran di desa/kelurahan dan di fasilitas bersalin. Dalam penyususnannya, tim Disdukcapil Pasigala berkolaborasi dengan pemerintah desa/kelurahan serta rumah sakit dan puskesmas yang terpilih menjadi pilot proram layanan akta kelahiran.

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Amazing, Palu pada tanggal 17 Mei 2019 lalu, diikuti oleh 30 peserta asal Palu, Sigi dan Donggala. Secara berkelompok perwilayah, masing-masing telah menyusun SOP baik dari kelengkapan berkas yang diperlukan untuk mengurus Akta Kelahiran, maupun durasi waktu yang dibutuhkan saat melakukan pelayanan akta kelahiran di desa/kelurahan dan di fasilitas bersalin.

Sebelumnya, pihak disdukcapil palu, sigi dan donggala dengan pihak desa/kelurahan dan fasilitas bersalin telah menandatangani nota kesepahaman untuk melakukan pelayanan akta kelahiran. Untuk Kota Palu, Disdukcapil Palu telah bekerjasama dengan Rumah Sakit Ibu dan Anak Nasana Pura dan Puskesmas Singgani dengan nama layanan ‘Alpukat’ atau ‘Anak Lahir Pulang Bawa Akta Kelahiran’. Selain itu juga bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Tipo dan Kelurahan Lambara, yang layanannya disebut ‘Kasiku’ atau ‘Kelurahan Sadar Dokumen Kependudukan’.

Sementara Disdukcapil Kabupaten Sigi bekerjasama dengan RSUD Torabello dan Puskesmas Marawola serta Pemerintah Desa Padende, Desa Pombewe, Desa Loru dan Desa Soulove untuk memberi pelayanan akta kelahiran yang dekat dan mudah di tingkat desa dan di tempat bersalin.

Adapun bagi Disdukcapil Kabupaten Donggala, pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kelurahan Gunung Bale dan Desa Oti untuk menfasilitasi layanan akta kelahiran di wilayahnya masing-masing. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar