Perlindungan Anak

Dukungan Psikososial YKM Terapkan Metode Lingkar Remaja


Dukungan Psikososial YKM Terapkan Metode Lingkar Remaja


Mamuju – Sejak 5 hari pasca bencana, hingga Rabu (27/1) kemarin, Yayasan Karampuang Mamuju (YKM) masih menjalankan kegiatan dukungan psikososial dibeberapa titik posko pengungsian. Tidak sekedar bertepuk tangan, dukungan psikososial yang dijalankan oleh YKM menerapkan metode lingkar remaja.

“Jadi tim dukungan psikososial kami melakukan pendampingan secara berkala dan berkelanjutan. Kami mengajak anak-anak beraktivitas dengan berpedoman pada kartu aktivitas lingkar remaja yang dikembangkan oleh Unicef Indonesia.” Terang Direktur Yayasan Karampuang, Ija Syahruni.

Ija menyebut masing-masing kartu aktivitas memiliki kompetensi yang berbeda-beda. Ada kartu aktivitas ‘Permainan Menyeberangi  Sungai’ kompetensinya berkomunikasi dan berekspresi juga berkreasi dan berinovasi. Ada juga kartu ‘Lingkaran Sikembar’ yang kompetensinya menghormati, bekerjasama dan bekerja dalam tim. Selain itu ada kartu ‘Aku Adalah, Aku Punya dan Aku Bisa’ dengan kompetensi Identitas dan kepercayaan diri, pandanagan terhadap masa depan, dan menetukan tujuan hidup.

“jadi diharapkan dukungan psikososial ini selain untuk mengisi waktu luang anak diposko pengungsian, juga dapat membangun karakter dan mental mereka.” Imbuhnya.

Olehnya itu agar lebih efektif pelaksanaannya, aktivitas anak dibedakan perkelompok usia, yaitu 4-6 tahun, 7-12 tahun dan 13-17 tahun. Kata Ija, dukungan psikososial YKM dijalankan oleh tenaga fasilitator remaja terlatih dan berpengalaman. Mereka telah melakukan pendampingan lingkar remaja pasca bencana di Sulawesi Tengah.

Seperti diketahui, 15 Januari 2021 gempabumi magnitudo 6,2 telah mengguncang wilayah Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Mamuju. Dampak dari gempa tersebut, sebagian besar warga di Mamuju kini bermukim di posko pengungsian termasuk anak-anak.

Adapun titik dampingan psikososial Yayasan Karampuang tersebar dibeberapa kelurahan/desa. Diantaranya, Posko Danga Kelurahan Mamunyu, Posko Simboro Kelurahan Simboro, Posko Sukasimin Kelurahan Rangas, Posko Desa Sumare dan Posko Desa Botteng Utara. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar