Pendidikan

Fasilitator Kecamatan dan Desa Motor Penggerak Pendataan SIPBM


Fasilitator Kecamatan dan Desa Motor Penggerak Pendataan SIPBM


Palu – Persiapan pendataan dengan Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) telah sampai pada tahap pelatihan fasilitator tingkat kecamatan (fascam) dan tingkat desa/kelurahan (fasdes/kel). Selama 2 hari yakni 11-13 Maret 2020, fasilitator kecamatan dan desa asal Palu, Sigi dan Donggala mendapat pelatihan terkait tugas dan fungsinya sebagai fasilitator, juga tentang prosedur pengisian lembar pendataan instrument keluarga. Pelatihan tersebut berlangsung di Citra Mulia Hotel, Palu.

Selaku Narasumber, Sri Ayuningsih memaparkan peran dan fungsi fasilitator dilapangan. Ia menyebutkan bahwa fascam juga fasdes dan faskel memastikan proses pendataan berjalan dengan baik, kemudian data yang diperoleh benar, tepat dan akurat. Fasilitator akan menjadi penggerak pendataan mulai dari persiapan pendataan, pelaksanaan pendataan hingga pasca pendataan.

“Fasilitator bukan objek tapi subjek, dialah motor penggerak pendataan yang dilakukan. Fasilitator yang akan menyiapkan hal-hal apa saja yang diperlukan sebelum pendataan, apa yang dilakukan saat pelaksanaan dan pasca pendataan yaitu bagaimana agar data yang diperoleh dapat dimanfaatkan sebagai bahan perencanaan pembangunan.” Terang Yuyun, sapaan Sri Ayuningsih.

Diakhir pelatihan, peserta menyepakati untuk segera melakukan rekruitmen pendata dengan target waktu sampai 18 maret. Setelah itu, ada pelatihan bagi pendata, lalu akan dilakukan pendataan SIPBM dibeberapa desa/kelurahan pilot projek Palu, Sigi dan Donggala.

Adapun kriteria pendata yakni warga yang berdomisili di dusun setempat, memiliki pengalaman, pendidikan minimal SMP sederajat, usia 20-40 tahun serta memiliki komitmen meluangkan waktu dalam proses pengumpulan data, tidak diwakilkan.

Untuk diketahui, mereka yang menjadi fasilitator kecamatan dan fasilitator desa/kelurahan ialah dari unsur staf kecamatan dan pemerintah desa/kelurahan. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar