Pendidikan

Implementasi Pendataan SIPBM Digital, YKM Perkuat Peran Pendata Desa Kelurahan Pasigala


Implementasi Pendataan SIPBM Digital, YKM Perkuat Peran Pendata Desa Kelurahan Pasigala


Palu - Dalam rangka implementasi pendataan SIPBM Digital di 12 desa/kelurahan yang tersebar di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala), Yayasan Karampuang didukung oleh Unicef Indonesia memperkuat peran pendata yang ada di Desa/Kelurahan dengan kegiatan Pelatihan Pendata. Karena perannya yang tergolong vital, selama dua hari berturut-turut pendata desa/kelurahan dilatih secara intensif.

Sebagaimana disampaikan oleh Program Manager Yayasan Karampuang, Aditiya Arie Yudhistira bahwa peran pendata menjadi sangat vital, kualitas data SIPBM Digital berada ditangan pendata. Jika pendata salah memahami instrument, maka akan berakibat fatal pada data.

“Pendata yang terlatih dengan baik menjadi sangat penting untuk menghasilkan potret yang berkualitas dari seluruh kondisi masyarakat atau keluarga di desa dan kecamatan target intervensi pendataan SIPBM. Sehingga harapannya data akurat by name by address yang dihasilkan mampu menstimulasi intervensi kebijakan pembangunan yang tepat.” Kata Aditiya.

Pada prosesnya, pelatihan yang berlangsung dua hari di kantor desa/kelurahan wilayah intervensi tersebut mengenalkan konsep dan tahapan SIPBM kepada pendata. Juga berbagi cerita sukses dari daerah yang telah melaksanakan SIPBM sebagai motivasi. Lalu dilanjutkan dengan simulasi pengisian Instrumen Keluarga (IK) SIPBM Digital secara berpasangan sesama peserta, dan try out dilapangan dengan masyarakat sekaligus berlatih tekhnik wawancara.

Pelatihan tersebut juga melibatkan fasilitator kecamatan dan fasilitator desa/kelurahan yang telah dilatih sebelumnya tentang SIPBM Digital guna menjaga kualitas dan keterampilannya. Dengan harapan agar mereka dapat saling mengenal dengan pendata, berinteraksi dan memberikan pendampingan teknis.

Untuk diketahui, 12 desa/ kelurahan yang menjadi lokasi intervensi pelaksanaan SIPBM Digital diantaranya, Kelurahan Pantoloan Boya, Kel. Kabonena, Kel. Tipo, Kel. Lambara untuk Kota Palu. Desa Soulove, Desa Kabobona, Desa Loru, Desa Padende di wilayah Kab. Sigi, serta Desa Wani Satu, Desa Dalaka, Desa Loli Tasiburi dan Kelurahan Gunung Bale di wilayah Kabupaten Donggala.

Pelatihan Pendata tersebut berlangsung sejak tanggal 20-21 Juli di Kota Palu, 22-23 Juli di Kab. Sigi, dan 24-25 di Kab. Donggala. Adapun pelaksanannya berlangsung atas kerjasama Pemerintah Kabupaten/Kota Palu, Sigi dan Donggala bersama Yayasan Karampuang atas dukungan Unicef Indonesia. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar