Pendidikan

Latih 18 Master Trainer, Modul Lifeskill akan diimplementasikan di SMP dan PKBM Pasigala


Latih 18 Master Trainer, Modul Lifeskill akan diimplementasikan di SMP dan PKBM Pasigala


Palu – Sebanyak 18 orang master trainer mendapatkan pelatihan modul lifeskill Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) bagi remaja. Pelatihan yang dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Karampuang dengan Unicef Indonesia tersebut berlangsung selama 4 hari di Amazing Hotel Palu pada tanggal 4 sampai 8 Februari 2020.

Program Manager Yayasan Karampuang, aditiya A. Yudistira menjelaskan, Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan yang telah diidentivikasi sebagai hal penting dalam konteks individu mereka.

Untuk memastikan bahwa PKH relevan dengan kehidupan remaja, PKH nantinya akan diajarkan dalam konteks permasalahan yang spesifik, serta tantangan khusus yang dihadapi remaja dalam kehidupaan mereka, yang disebut sebagai ‘pengetahuan kritis’. Pengetahuan kritis terdiri dari tema-tema penting yang perlu diketahui oleh remaja agar keamanan dan kesehatan mereka tetap terjaga saat menjalani masa remaja.

Setelah TOT, mastrer trainer akan berhadapan dengan siswa siswi kemudian mengajarkan bagaimana remaja dapat menggunakan keterampilan hidup dan pengetahuan tertentu untuk mengendalikan sebuah situasi atau memecahkan masalah umum yang mereka hadapi.

Lebih jauh dijelaskan, perbedaan utama antara PKH dan beberapa bentuk pendidikan lainnya adalah PKH menuntut guru untuk menggunakan pendekatan partisipatoris dalam pelibatan siswa-siswanya saat proses belajar mengajar.

Khusus wilayah Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) lifeskill PKH akan diimplementasikan dibeberapa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM. Tahapannya, pada sesi pertama, remaja diajak untuk mengenali diri sendiri, kedua remaja diajak membentuk kebiasaan sehat dan mengembangkan hubungan yang saling menghormati, lalu sesi 3 menciptakan dunia yang lebih baik dan melakukan aksi dilingkungannya.

Adapun 18 orang master trainer yang terlibat dalam pelatihan TOT Modul Lifeskill PKH yakni dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Sigi, Kabupaten Donggala, Dewan Pendidikan, Yayasan Karampuang, Forum PKBM serta Lembaga non pemerintahan lokal. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar