Perlindungan Anak

Lebarkan Layanan Alpukat ke Rumah Sakit Swasta, Pemkot Palu Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama


Lebarkan Layanan Alpukat ke Rumah Sakit Swasta, Pemkot Palu Gelar Penandatanganan Perjanjian Kerjasama


Palu – Pemerintah Kota Palu melebarkan layanan "Alpukat" (anak lahir pulang bawa akta kelahiran) ke sejumlah rumah sakit swasta di Kota Palu. Rabu, 14 oktober 2020 di ruang rapat Bantaya Kantor Wali Kota Palu, Plt. Wali Kota Palu, Sigit Purnomo Said secara resmi menandatangani perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Palu dengan sejumlah Rumah Sakit swasta di Kota Palu.

Alpukat merupakan program pelayanan akta kelahiran secara online yang dikembangkan atas kerjasama Unicef Indonesia melalui Yayasan Karampuang dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu. Dengan resminya kerjasama layanan tersebut, pihak rumah sakit tidak lagi mengeluarkan surat keterangan lahir, melainkan langsung dapat mencetak Akta Kelahiran anak yang baru lahir.

“Sebagai pemerintah kota dan masyarakat mengapresiasi langkah dan inovasi Yayasan Karampuang dan Unicef, salah satu badan dunia PBB yang mengurusi soal anak.” kata Plt Walikota Palu Sigit Purnomo, Rabu, 14 Oktober 2020.

Menurutnya, dengan inovasi ini maka akan memutus birokrasi dan memudahkan dalam pengurusan akte kelahiran. "Ini artinya dunia melalui Unicef sangat memperhatikan hak-hak anak, sehingga anak-anak kita bisa secara mudah memperoleh akta kelahiran." Lanjutnya.

Untuk diketahui, layanan akta kelahiran online Alpukat saat ini telah berjalan di 4 layanan di Kota Palu. Program Officer Yayasan Karampuang, Hanafi Saro menyebut 4 titik layanan tersebut diantaranya, Kelurahan Tipo, Keluahan Kabobona, Puskesmas Sangurara dan RSIA Nasanapura.

Turut hadir dalam kegiatan penandatanganan kesepakatan tersebut Kepala Dinas Dukcapil Kota Palu, Hj. Rosida Thalib, Konsultan Unicef Perwakilan Pasigala, Muh. Zakir Akbar dan Program Manager Yayasan Karampuang, Aditya Yudistira. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar