Umum

Manfaatkan Akses Tol Udara, Akta Kelahiran Cetak di Desa/Kelurahan dan Faskes Pasigala


Manfaatkan Akses Tol Udara, Akta Kelahiran Cetak di Desa/Kelurahan dan Faskes Pasigala


Palu Memanfaatkan perkembangan tekhnologi informasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Sulawesi Tengah dan Palu, Sigi, Donggala (Pasiga) bekerjasama Yayasan Karampuang yang didukung oleh Unicef Indonesia memberi kemudahan bagi masyarakat yang ingin mengurus akta kelahiran. Melalui system relasi layanan akta kelahiran yang dimodifikasi secara online, pemohon dapat mengurus akta kelahiran di Kantor Kelurahan /Kantor Desa juga di Fasilitas Kesehatan (faskes) yang melalui akse ‘tol udara’ berkas diverifikasi dan diterbitkan oleh Disdukcapil, kemudian dapat langsung di print out di kantor kelurahan/desa dan faskes.

Mendukung pelayanan akta kelahiran berbasis IT tersebut, Yayasan Karampuang bekerjasama dengan tim IT dari STMIK Widya Cipta Dharma, Pitrasacha Adytia menyusun prototype pelayanan akta kelahiran. Yang mana, pada hari Selasa (28/1) beberapa waktu lalu, bertempat di Kampoeng Nelayan Hotel dan Resto, aplikasi pelayanan online tersebut diperkenalkan kepada Disdukcapil Pasigala kemudian difinalisasi.

Kepala Perwakilan Unicef wilayah Sulawesi dan Maluku, Hengki Widjaya turut hadir pada kegiatan finalisasi pengembangan system relasi tersebut. Ia berharap dengan adanya system yang baru, cakupan akta kelahiran di Sulawesi Tengah dapat mencapai target nasional yakni 85 persen. Menurutnya, dengan tercatatnya setiap anak dipencatatan sipil, pemerintah kabupaten/kota juga dapat memanfaatkan penguatan data untuk hal-hal lain seperti pencegahan perkawinan anak, pendidikan dan kesehatan.

“kami berharap inisiatif yang dilakuakn oleh Pak Kadis Capil Provinsi, tidak hanya dilakukan pada tiga  kabupaten kota Pasigala saja, tapi juga diseluruh kabupaten kota yang ada di Sulawesi tengah.” Kata Hengki.

Komitmen untuk menerapkan system layanan berbasis IT tersebut telah disepakati oleh Lurah Tipo, Lurah Kabonena, Puskesmas Duyu, RSIA Nasanapura untuk Kota Palu, dan Desa Loru, Desa Padende, Desa Kabobona, Desa Soulove, RSUD Torabelo, Puskesmas Dolo untuk wilayah Sigi, serta Lurah Gunung Bale, Desa Wani 1, Desa Batusuya Go’o, dan Desa Sindosa untuk Kabupaten Donggala.

Adapun kesepakatannya yaitu setiap pihak berkomitmen untuk menyediakan dukungan perangkat layanan dokumen kependudukan berupa komputer, printer, jaringan internet serta sarana lainnya, dan mensosialisasikan system layanan dokumen kependudukan kepada masyarakat.

Komitemen bersama tersebut disaksikan oleh Kepala Disdukcapil Provinsi Sulteng, Kadisdukcapil Kota Palu, Kadisdukcapil Kab Sigi, Kadisdukcapil Kab Donggala dan Kepala Perwakilan Unicef wilayah Sulawesi dan Maluku. 

Ditargetkan, aplikasi penerapan system layanan berbasis IT dapat rampung diakhir februari termasuk pengadangadaan dukungan peralatannya. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar