Perlindungan Anak

Mudah dan Cepat, Akte Kelahiran Sudah Bisa Dicetak di Kelurahan Tipo


Mudah dan Cepat, Akte Kelahiran Sudah Bisa Dicetak di Kelurahan Tipo


PALU – Kelurahan Tipo Kecamatan Ulujadi menjadi kelurahan pertama yang mencetak Akte Kelahiran (AK) dan Kartu Keluarga (KK) berbasis online. Sebagai salah satu program piloting Kelurahan sadar Miliki Dokumen Kependudukan (Kasiku) di kota Palu, Kelurahan Tipo dinilai sudah mampu membantu kebutuhan dokumen kependudukan warganya secara mudah dan cepat.

Demikian hal tersebut disampaikan kepala dinas Dukcapil Palu Hj Rosida Thalib SH,MH di sela-sela penyerahan AK dan KK di kantor kelurahan Tipo, Selasa (2/6/2020).

Kata Rosida, warga Tipo tidak perlu lagi berdesak-desakan ke kantor Dukcapil Palu untuk dibuatkan AK dan KK karena di kantor kelurahan sudah ada operator terlatih. Warga cukup ke operator kelurahan dengan membawa berkas kelengkapan. “Setelah berkas dinyatakan lengkap terkirim via WA ke operator dukcapil, selanjutnya operator kelurahan bisa langsung mencetaknya. Begitu mudah dan cepat,” tutur Rosida didampingi Kabid capil kota Palu Alfrin Magdalena.

Olehnya lanjut Rosida, atas nama pemerintah kota Palu ia mengucapkan terima kasih atas program pemenuhan dokumen kependudukan yang dilakukan Yayasan Karampuang dan Unicef Indonesia di kota Palu. “Kami berterima kasih kepada Yayasan Karampuang - Unicef Indonesia dan lurah Tipo yang sudah membantu dalam memperlancar pemenuhan dokumen kependudukan anak,” ujarnya.

Sementara itu, lurah Tipo Drs Muin Bahar mengungkapkan, program piloting Kasiku di kelurahan Tipo yang sudah berbasis online, sangat membantu warga.

Bagi Muin, layanan AK dan KK di kelurahan Tipo sebagai salah satu cara memperdekat dan mempercepat layanan aparatnya untuk memperoleh dokumen kependudukan warga. “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Dukcapil Palu, Yayasan Karampuang dan Unicef Indonesia. Semoga ke depan bisa lebih ditingkatkan lagi seperti layanan dokumen kependudukan lainnya,” pungkasnya. (N4F1)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar