Perlindungan Anak

Pemerintah Desa Lakukan Finalisasi Draf Perdes Pencegahan Perkawinan Anak


Pemerintah Desa Lakukan Finalisasi Draf Perdes Pencegahan Perkawinan Anak


Sigi – Kamis, 15 oktober 2020 Pemerintah Desa Padende Kabupaten Sigi menggelar kegiatan Workshop Finalisasi Draf Peraturan Desa tentang Pencegahan Perkawinan Anak. kegiatan yang berjalan atas kerjasama Pemerintah Desa dengan Unicef Indonesia melalui Yayasan Karampuang tersebut menghadirkan pemangku kepentingan yang ada di Desa Padende.

Program Officer Yayasan Karampuang wilayah Sigi, Amriadi Muhdar menjelaskan bahwa sebelumnya Kepala Desa Padende bersama ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perwakilan Yayasan Karampuang dan beberapa pemangku kepentingan di Desa termasuk perwakilan remaja, telah melakukan penyusunan peraturan desa tentang pencegahan perkawinan anak. Kemudian kegiatan workshop finalisasi draf Perdes merupakan tindak lanjutnya.

“rancangan perdes yang telah disusun beberapa waktu lalu, kita finalisasi di kegiatan ini. Jadi kita review satu persatu pasal-pasalnya. Ada beberapa redaksi yang diubah agar lebih jelas.” Kata Amriadi saat usia mengikuti kegiatan workshop finalisasi draf perdes tentang pencegahan perkawinan usia anak di Kantor Desa Padende, Kamis (15/10).

Lebih lanjut ia menyebutkan bahwa dalam workshop, lebih spesifik membahas mengenai pencegahan dan penanganan perkawinan anak dan alur pelaporan jika ada yang melanggar perdes tersebut. Selain itu juga dibahas mengenai kerjasama antar lembaga dalam mendukung pencegahan perkawinan anak.

“pada workshop kita juga membahas kerjasama antar lembaga, karena terdapat beberapa lembaga yang melakukan pendampingan di desa padende.” Sebutnya.

Setelah proses finalisasi, rancangan Perdes tentang pencegahan perkawinan anak dilaporkan ke Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi. Setelah itu baru kemudian ditetapkan oleh Pemerintah Desa.

Workshop finalisasi draf Perdes tentang pencegahan perkawinan anak melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan di desa diantaranya, Sekretaris Desa Padende, BPD Desa Padende, Babinkamtibmas, Babinsa, PKK, Pokja Pencegahan Perkawinan Anak Desa, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, perwakilan Lingkar Remaja, dan unsur terkait lainnya.

Untuk diketahui, kagiatan finalisasi draf Perdes juga dilakukan di Desa Wani Satu Kabupaten Donggala dan finalisasi draf Kebijakan Pemerintah Kelurahan di Kelurahan Tipo Kota Palu. Adapun 3 wilayah tersebut merupakan desa/kelurahan percontohan program pencegahan perkawinan anak kerjasama Pemerintah Kab/Kota Palu, Sigi dan Donggala bersama Unicef Indonesia melalui kemitraan Yayasan Karampuang. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar