Pendidikan

Penanganan Anak Tidak Sekolah, Bupati Mamuju Resmi Tetapkan SK Tim Kabupaten


Penanganan Anak Tidak Sekolah, Bupati Mamuju Resmi Tetapkan SK Tim Kabupaten


Mamuju – Bupati Mamuju, H. Habsi Wahid telah resmi menetapkan Surat Keputusan tentang Pembentukan Tim Penanganan Anak Tidak Sekolah (PATS) Kabupaten Mamuju pada tanggal 17 Oktober 2019. Terbitnya SK tersebut, menimbang bahwa penanganan ATS di daerah membutuhkan struktur koordinasi, pengaturan keterlibatan dan peran tim yang bekerja berdasarkan tugas dan fungsinya.

Keputusan Bupati tentang Pembentukan Tim PATS Kabupaten Mamuju menguraikan tugas dan fungsi Tim PATS Kabupaten serta lampiran susunan keanggoataan tim. Yang mana, Bupati Mamuju bersama Ketua DPRD Mamuju dan Sekretaris Daerah bertindak selaku penanggung jawab dalam SK tim tersebut.

Tim teknis dalam SK tim PATS Kabupaten mamuju akan bekerja berdasarkan isu-isu penyebab anak tidak bersekolah seperti pernikahan usia anak dan pekerja anak, minimnya dukungan orang tua dan biaya, minimnya data, akses layanan pendidikan jauh, serta kondisi sekolah kurang menarik.

Selain SK pembentukan Tim PATS Kabupaten Mamuju, sehari setelahnya, yakni tanggal 18 Oktober 2019, Bupati Mamuju kembali menetapkan Keputusan Bupati tentang Tim Penyusun Rencana Aksi Daerah Penanganan Anak Tidak Sekolah (RAD-PATS). Adapun tugas Tim Penyusun dokumen RAD-PATS yang tercantum dalam Keputusan Bupati yakni melakukan koordinasi dan komunikasi lintas sector, menyusun RAD untuk mengatasi ATS secara keseluruhan mulai atingkat daerah, kecamatan hingga desa/kelurahan, kemudian melakukan uji public sebagai bagian dari proses penyusunan RAD-PATS, serta menyiapkan draft peraturan Bupati terkait RAD-PATS.

Untuk diketahui, sejauh ini program Penanganan ATS di Kabupaten Mamuju, Pemerintah Kabupaten Mamuju yang bekerjasama dengan Unicef melalui Yayasan Karampuang telah melakukan rapat koordinasi ditingkat Kabupaten hingga Desa. Ditahap awal, 4 desa telah ditetapkan sebagai desa percontohan yakni Desa Dungkait Kec. Tapalang Barat, Desa Botteng Utara Kec. Simboro, Desa Pammulukang Kec. Kalukku, dan Desa Bunde Kec. Sampaga.

Adapun unsur-unsur yang terlibat dalam tim PATS dan RAD-PATS Kabupaten Mamuju diantaranya Bepepan, Disdikpora, Dinas PP dan PA, Dinas PMD, Dinas Sosial, Dinas Transnaker, Disdukcapil, Diskominfo, BPKAD, Dinas PUPR, Kepolisian Resort Mamuju, TNI Kodim 1418 Mamuju, Kemenag, BPS, Dewan Pendidikan, TP-PKK, PGRI, Forum Puspa, Baznas, FK PKBM, FKUB, dunia usaha, Komunitas literasi, Forum KKG/MGMP, Gema difabel, Yayasan Karampuang Mamuju serta media cetak dalam hal ini Radar sulbar. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar