Perlindungan Anak

PERKUAT PENCATATAN ONLINE AKTA KELAHIRAN DI DESA KELURAHAN DAN FASKES, OPERATOR LAYANAN DAPATKAN BIMTEK


PERKUAT PENCATATAN ONLINE AKTA KELAHIRAN DI DESA KELURAHAN DAN FASKES, OPERATOR LAYANAN DAPATKAN BIMTEK


Palu – Memperkuat system online pencatatan dan penerbitan Akta Kelahiran, Yayasan Karampuang bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu dan Kabupaten Sigi kembali memberikan bimbingan teknis (Bimtek) bagi petugas operator layanan di Desa, Kelurahan dan Fasilitas Kesehatan.

Bimtek operator layanan berlangsung dimasing-masing layanan pilot program. Pada Rabu (8/7) kemarin, tim Disdukcapil Kota Palu dan tim Disdukcapil Kabupaten Sigi mulai mengunjungi masing-masing Kelurahan dan Desa serta fasilitas kehatan yang menjadi mitra pelayanan online akta kelahiran tersebut.

Menurut Program Manager Yayasan Karampuang, Aditiya A. Yudistira, bahwa kegiatan Bimtek dilakukan agar petugas operator dilayanan dapat lebih maksimal dalam menerima dan menerbitkan layanan akta kelahiran secara online.

“Jadi petugas yang ada ditempat layanan desa, kelurahan dan fasilitas kesehatan kembali dilatih atau dibimbing terkait proses scan berkas, mengirim data ke aplikasi hingga mencetak. Dibimtek ini, petugas operator melakukan praktek langsung dengan alat mereka masing-masing, dan didampingi oleh operator dukcapil Kabupaten Kota.” Jelas Aditiya.

Salah satu petugas operator layanan di Kelurahan Tipo, Rivai Muchtar, mengakui bimtek tersebut cukup membantu petugas di kelurahan. Menurutnya, layanan penerbitan akta kelahiran secara online telah berjalan maksimal, bahkan memberi banyak manfaat bagi warga di Kelurahan Tipo.

“terkait aplikasi, kami sudah tidak ada kendala, kami dapat mengoprasikan dengan baik, hanya saja jaringan kami yang kadang bermasalah, tapi pelayanan masih bisa kami lakukan. Begitupun dengan proses scan berkas dan mengirim data, itu semua sudah berjalan lancar.” Urainya.

Antusias, Rivai menyampaikan cerita positif pelayanan system online tersebut. Katanya, ada pemohon layanan Akta Kelahiran di Kantor Kelurahan Tipo, karena tidak ingin menunggu, pemohon memutuskan pulang, namun belum tiba dirumahnya, dokumennya sudah terbit. “Prosesnya sangat cepat, akhirnya pemohon kembali ke kantor lurah untuk mengambil dokumennya.” Papar Rivai.

Ditempat berbeda, Wakil Direktur Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Nasanapura Palu, Edwin Sampoliling menyampaikan bahwa system online pelayanan Akta Kelahiran yang juga diterapkan dirumah sakitnya merupakan terobosan baru yang memberi manfaat besar bagi pasiennya.

“Kami berterimakasih sekali kepada teman disdukcapil, juga teman-teman dari yayasan karampuang dan unicef. Ini merupakan terobosan baru yang memberi manfaat besar, dimana pasien bisa pulang dari rumah sakit, urasan medis selesai, urusan administratif pun selesai, dalam hal ini akte dan KK. Jadi ini penggabungan antara dua legalitas yang perlu dimiliki oleh setiap anak. Sekalipun ada kendala-kendala sedikit tapi kami menilai bahwa itu adalah hal normal untuk tahap baru, akan tetapi secara keseluruhan ini sesuatu yang luar biasa bagi saya.” Ungkap Edwin.

Selain itu, Samsi, Kepala Desa Padende, Kabupaten Sigi mengakui kerjasama antar Pemerintah Desa Padende dengan Disdukcapil Kab. Sigi telah terjalin dengan baik dan memberi manfaat bagi warga didesanya.

“dengan adanya program pelayanan Akta Kelahiran secara online ini masyarakat kami himbau, setiap jumat saya sampaikan di masjid, sudah 3 kali jumatan ini saya sampaikan, pentingnya akta kelahiran dan saat ini telah dapat diurus di Kantor Desa, respon masyarakat pun sangat antusias.” Sebutnya. Desa Padende sendiri telah mencetak 10 dokumen secara online di Kantor Desa.

Untuk diketahui, dalam waktu dekat Bimtek Operator Layanan ini juga akan dilakukan di Kabupaten Donggala. Adapun jumlah pilot program pelayanan online Akta Kelahiran sebanyak 12 titik diantaranya, 4 layanan di Kota Palu, 6 layanan di Kab. Sigi, dan 2 layanan di Kab. Donggala. Secara keseluruhan, program ini didukung oleh Unicef Indonesia. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar