Umum

Petugas Pengelola Layanan Akta Kelahiran Desa/Kelurahan dan Fasilitas Bersalin diberi Pelatihan


Petugas Pengelola Layanan Akta Kelahiran Desa/Kelurahan dan Fasilitas Bersalin diberi Pelatihan


PALU – Demi mempermudah pengurusan akta kelahiran kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) telah bekerjasama dengan Pemerintah Desa/Kelurahan serta Rumah Sakit dan Puskesmas untuk memberi layanan akta kelahiran. Dengan adanya kerjasama tersebut, masyarakat tidak mesti lagi mengurus akta kelahiran di Kantor Disdukcapil Pasigala, melainkan telah dapat diurus di Desa/Kelurahan dan di fasilitas bersalin.

Atas hal tersebut, Disdukcapil Pasigala memberi pelatihan kepada petugas pengelola akta kelahiran desa/kelurahan dan fasilitas bersalin terkait prosedur pelayanan akta kelahiran. Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung satu hari di masing-masing wilayah pasigala, yaitu pelatihan Kota Palu pada 24 Mei, Kab. Sigi Pada 25 Mei dan kabupaten Donggala pada 26 Mei 2019.

Hanafi Saro selaku Program Officer Kota Palu menyampaikan, pelatihan tersebut dilakukan agar petugas pengelola layanan yang ada di desa atau kelurahan juga di rumah sakit dan puskesmas dapat benar-benar mengetahui prosedur pelayanan penerbitan akta kelahiran. Sehingga saat ada masyarakat yang ingin mengurus dokumennya, petugas lokal dapat menfasilitasi dengan baik penerbitan akta kelahiran oleh Disdukcapil hingga dokumen tersebut diterima oleh pemohon.

Untuk diketahui, kegiatan pelatihan petugas pengelola layanan akta kelahiran berlangsung atas kerjasama Yayasan Karampuang, Disdukcapil Palu Sigi dan Donggala dengan dukungan Unicef. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta utusan desa/kelurahan dan fasilitas bersalin yang telah menandatangani MoU layanan akta kelahiran ditingkat desa/kelurahan dan fasilitas bersalin. Mereka diantaranya, 10 peserta dari Palu yakni petugas dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Nasana Pura, Puskesmas Singgani, Kelurahan Tipo dan Kelurahan Lambara. 12 peserta dari Sigi, yang merupakan utusan dari Desa Padende, Desa Pombewe, Desa Loru, Desa Soulove, Puskesmas Marawola dan RSUD Torabello. Sementara Kab. Donggala sejumlah 8 peserta, utusan dari Kelurahan Gunung Bale dan Desa Oti. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar