Umum

Rakor Fasrem Lokal Pasigala Lahirkan Child and Youth Support Community


Rakor Fasrem Lokal Pasigala Lahirkan Child and Youth Support Community


PALU – Rapat Koordinasi (rakor) antara Fasilitator Remaja (fasrem) lokal wilayah Palu Sigi dan Donggala (Pasigala) telah berlangsung empat kali pertemuan. Rakor yang difasilitasi oleh Yayasan Karampuang Mamuju (YKM) dengan dukungan Unicef tersebut melahirkan komunitas peduli anak dan remaja Sulawesi Tengah. Dalam forum disepakati ‘Child and Youth Support Community’ atau disingkat CYSC sebagai nama komunitas.

Sebanyak kurang lebih 80 orang fasilitator pendamping anak dan remaja hadir pada pertemuan Rakor yang berlangsung di Triple F café Palu, 15 Mei 2019 lalu. Dalam forum tersebut, juga disepakati 9 orang lokal sebagai koordinator forum yang berasal dari berbagai lembaga, diantaranya dari fasrem YKM-Unicef, fasrem YKM-YPII, PKBI, Mosikola, YSTC, WVI, Forum Anak dan PIK Remaja.

Meski baru terbentuk, CYSC yang diketuai oleh Chalvin Bunga Allo (PKBI Sulteng) telah menyusun rencana program kerja. Pertama, rapat koordinasi akan dilangsungkan satu kali dalam dua bulan. Lalu, melakukan kampanye terkait anak dan remaja, baik resiliensi bencana maupun pencegahan perkawinan usia anak. Juga ada peningkatan kasitas fasilitator lokal. Pemetaan isu-isu anak dan remaja, Safari huntara. Kemudian advokasi ke pemerintah daerah. Lalu ada pelatihan life skill dan soft skill. Kemudian terakhir funrising (pendanaan).

Program Manager YKM di Sulawesi tengah, Aditiya Yudistira berharap CYSH mendapat dukungan dari berbagai pihak. Sebab farum tersebut merupakan asset daerah, dimana berisi anak muda lokal yang yang telah berkompeten dalam hal pendampingan anak dan remaja pasca bencana. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar