Pendidikan

Sebelum Dampingi Remaja, Guru dan Tutor PKBM dapat Bekal Pelatihan Modul Pendidikan Keterampilan Hidup


Sebelum Dampingi Remaja, Guru dan Tutor PKBM dapat Bekal Pelatihan Modul Pendidikan Keterampilan Hidup


Palu -  Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) merupakan kegiatan yang mendukung remaja untuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan yang telah diidentifikasi sebagai hal penting dalam konteks individu remaja. Kagiatan PKH bagi remaja dijadwalkan akan berlangsung 22 sesi pertemuan di sekolah dan PKBM pilot program yang tersebar di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala). Sebelum memulai sesi, guru kelas dan tutor PKBM terlebih dahulu dibekali pelatihan penggunaan modul pendampingan PKH.

Pelatihan PKH untuk guru kelas dan tutor PKBM berlangsung di Aula Kampung Nelayan, selama 4 hari berturut-turut, yakni mulai Rabu (12/8) hingga Sabtu (15/8) untuk guru wilayah Kota Palu, sedangkan untuk guru Sigi dan Donggala dijadwalkan Selasa (18/8) sampai Jumat (21/8).

Berdasarkan informasi dari Program Officer Pendidikan Kota Palu, Irfan DJ, Pelatihan yang juga melibatkan Kepala Sekolah, Guru BP dan Pengawas tersebut mengulas penggunaan modul PKH yaitu terkait  Mengenal Diri Sendiri, Membentuk Kebiasaan Sehat dan Mengembangkan Hubungan yang Saling Menghormati. Selain itu juga ada materi Menciptakan Dunia yang Lebih Baik dan Melakukan Aksi, kemudian hari terakhir yaitu review, praktek dan menyusun rencana implementasi.

Menurut Irfan, pelatihan PKH diharapakan dapat melahirkan guru dan tutor PKBM yang terlatih dalam mengimplementasikan Pendidikan Kecakapan Hidup kepada remaja. Selain itu, juga diharapkan adanya rencana implementasi yang disusun oleh guru dan tutor sendiri untuk 22 sesi pertemuan dimasing-masing sekolah dan PKBM pilot program.

Untuk diketahui, program Pendidikan Keterampilan Hidup bagi Remaja ini berjalan atas kerjasama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Pemerintah Kab/Kota Palu, Sigi, Donggala dan Unicef Indonesia dengan kemitraan Yayasan Karampuang. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar