Umum

Semangat Lingkar Remaja Sampai di Saloadak


Semangat Lingkar Remaja Sampai di Saloadak


Mateng – Lingkar remaja merupakan kegiatan peningkatan kapasitas sekelompok remaja yang ada di desa/kelurahan. Aktivitas lingkar remaja telah berjalan di Kabupaten Mamuju yakni di Kecamatan Mamuju dan Kecamatan Kalukku dengan isu pencegahan perkawinan usia anak. Salah satu fasilitator remaja (fasrem) Kecamatan Kalukku, Marhamah membawa semangat lingkar remaja ke Desa Saloadak, Kecamatan Tobadak, Mamuju Tengah (Mateng).

Berbekal kartu aktivitas lingkar remaja sebagai modulnya, juga ilmu dari pelatihan fasrem yang diadakan oleh Yayasan Karampuang dan Unicef, Marhamah membentuk dan mendampingi 5 kelompok lingkar remaja yang tersebar di lima dusun, Desa Saloadak. Dalam modulnya, remaja diajak untuk mengenali potensi dirinya, potensi lingkungannya, juga mengenali masalah yang ada dilingkungan mereka dan bagaimana mengambil keputusan untuk mengatasi masalah yang dihadapi tersebut.

Marhamah mengenal Desa Saloadak setelah melakukan sebuah kegiatan bersama komunitas mengajar. Meskipun kondisi Desa Saloadak cukup jauh dari Koota Mateng, atau ditempuh sekitar kurang lebih dua jam dengan akses jalan yang terjal dan berliku, ia mengaku tertantang untuk membuat kegiatan lingkar remaja di Desa Tersebut,melihat kondisi remaja yang rentan putus sekolah dan menikah diusia anak.

“saya tertantang untuk melakukan pedampingan di Desa (Saloadak) ini. Awalnya saya tahu tempat ini karena ikut kegiatan kelas inspirasi di Mamuju Tengah. Saya sempat berbincang dengan anak remaja disini, ternyata mereka sangat rentan putus sekolah, lebih banyak yang memilih ke lahan atau kebun dibanding ke sekolah. Disitu saya berpikir, sepertinya modul aktivitas lingkar remaja bisa diterapkan disini.” Urai Marhama yang akrab dipanggil Ocha.

Melihat semangat tersebut, Yayasan Karampuang mengapresiasinya dengan memilih Desa Saloadak sebagai lokasi kegiatan Family Gathering 2019. Yang mana dalam rangkaiannya juga ada kegiatan aktivitas lingkar remaja didua titik yakni Dusun Rawamakmur dan Sidomukti.

“kita mengapresiasi kegiatan yang dilkakukan oleh marhamah. Karena itu kita mengajak fasilitator yang ada di Mamuju dan Kalukku untuk bersama-sama dengan Marhamah mendampingi kegiatan Lingkar Remaja meskipun hanya sahari saja sebagai rangkaian kegiatan Family Gathering Yayasan Karampuang.” Kata Ija Syahruni selaku Direktur Yayasan Karampuang.

Ija berharap, dengan pendampingan lingkar remaja tersebut, anak dapat termotivasi untuk tetap bersekolah, dan tidak ada lagi pernikahan diusia yang masih anak-anak. Selain itu, ia juga berharap Pemerintah desa baik di Desa Saloadak dan desa lainnya dapat mendukung kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan kepemudaan. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar