Pendidikan

Sosialisasi Data SIPBM, Pemkab Mateng Siap Manfaatkan Data


Sosialisasi Data SIPBM, Pemkab Mateng Siap Manfaatkan Data


Data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) telah rampung. Senin, 11 September beberapa waktu lalu, tim SIPBM bersama Yayasan Karampuang dan Unicef melakukan sosialisasi Hasil Pendataan SIPBM ke Pemerintah Daerah Kabupaten Mateng yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Mateng.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, dipaparkan bahwa Data SIPBM menyajikan informasi yang akurat karena berbasis masyarakat. Dimana, masyarakat setempat yang melakukan pendataan di wilayahnya masing-masing.

Ini dikatakan oleh Program Manager bidang Perlindungan Anak Yayasan Karampuang, Ija Syahruni seusai kegiatan sosialisasi tersebut. ia menyampaikan, data SIPBM juga menyajikan Informasi tentang pendidikan. Dengan begitu, data tersebut dapat dimanfaatkan untuk membuat program yang berkaitan dengan pendidikan, salah satu contohnya seperti Gerakan Kembali Bersekolah.

“selain program GKB, data SIPBM dapat dijadikan dasar untuk menentukan penerima manfaat KIP, termasuk intervensi PAUD. Terkait kesehatan, dari data ini juga dapat diketahui jumlah kematian ibu dan bayi dalam waktu satu tahun terakhir.” Urai Ija.

Melihat data SIPBM, Katua DPRD Mateng, H. Arsal Aras merasa bersyukur. Ia mengaku, dengan adanya data yang real, sangat membantu Pemerintah Kabupaten dalam menjalankan program.

“kita memang butuh data yang real, dan data SIPMB menyajikan itu.” Sebutnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mateng, H. Amin Jasa menyambut kehadiran data SIPBM tersebut. Pada kegiatan Sosialisasi yang menghadirkan jajaran OPD Pemkab. Mateng, ia menyampaikan bahwa pihaknya siap memanfaatkan Data SIPBM. Ini ditandai dengan penandatangan komitmen bersama Kepala Desa se Kabupaten Mateng untuk menindaklanjuti perencanaan data SIPBM Kab. Mateng. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar