Umum

Stop Bullying, Ini Pendapatku


Stop Bullying, Ini Pendapatku


Yayasan Karampuang Mamuju telah mengadakan lomba literasi dengan tema ‘Mencegah Bullying dilingkunganmu’. Lomba tersebut dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun. Berikut beberapa penggalan dari peserta lomba litarasi :

“untuk mencegah dan mengatasi perilaku bullying, peran orang tua sangat diperlukan sejak dini. Saat anak-anak masih kelas 1 SD atau sudah bisa berbicara lancer dan sudah mulai keluar rumah untuk bermain.” Andi Ramadhan.

“orang tua dan guru di sekolah dapat terjun langsung, amati setiap pergerakan si anak di sekolah maupun di rumah. Alahngkah baik di media social untuk melihat aktivitas anak yang berpotensi menjadi pembully atau dibully. Agar tidak ada kekerasan dan setiap anak Indonesia berhak bahagia.” Nur Fatira Ramdhani.

“segala sesuatu yang sifatnya dapat menyudutkan dan merendahkan diri orang lain merupakan perilaku bullying. Karena itu, orang tua harus mendidik anak agar berdaya dan mandiri sejak dini, agar anak punya rasa percaya diri yang baik sehingga anak tidak mudah dimanipulasi oleh orang lain. Salah satu cara yang bisa dilakukan para orang tua adalah dengan memasukkan anak ke berbagai aktivitas, karena dengan mengikuti aktivitas tersebut akan menimbulkan perasaan mampu, dan percaya diri pada dirinya. Selain itu, orang tua juga harus aware pada segala sesuatu yang terjadi pada sang buah hati, sehingga apabila ada suatu permasalahan, orang tua bisa mendeteksinya sejak dini, dan menyelesaikannya.” Muh. Alfliadhi.

“untuk menghindari cyber bullying  di media social perlu adanya tindakan konkrit agar kita mampu menghindari hal tersebut antara lain sebagai anak remaja kita harus selektif memilih teman dimedia social. Kebanyakan kasus cyber bullying dilakukan oleh orang-orang yang baru saja kita kenal. Kemudian, santunlah bermedia social, terkadang cyber bullying muncul akibat seseorang membuat postingan yang memancing orang lain berkomentar diakun media social kita.” Anggi.

 “paling ideal adalah apabila ada kebijakan dan tindakan terintegrasi yang melibatkan seluruh komponen mulai dari guru, murid, kepala sekolah sampai orang tua yang bertujuan untuk menghentikan perilaku bullying dan menjamin rasa aman bagi korban. Program anti-bullying disekolah dilakukan antara lain dengan cara menggiatkan pengawasan dan pemberian sanksi secara tepat kepada pelaku, atau melakukan kampanye melalui berbagai cara. Dan yang paling efisien adalah memasukkan materi bullying kedalam pembelajaran yang dimana akan berdampak positif bagi pengembangan pribadi para murid.” Jumjum.

“verbal bullying sulit dihentikan karena tidak ada bukti fisik dan seringkali diabaikan. Tapi kita bisa melalukan langkah-langkah agar efek negative bullying ini tidak terlalu mempengaruhi kita, diantaranya ; memiliki rasa percaya diri, menganggap bullyan sebagai kekurangan sebab manusia tidak ada yang sempurna, memilih teman yang tepat, memberitahukan kepada pihak berwenang dan ikut bergabung dengann komunitas ataupun organisasi yang ada dilingkungan sekitar.” Nadiman.

“bullying rentan terjadi terhadap anak sekolahan baik tingkat SD, SMP dan SMA mereka melakukan penganiayaan di sekolah atau diluar sekolah. Mereka memaksa atau memeras orang yang lemah. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan yang dapat berpengaruh buruk bagi penganiaya ataupun korban itu sendiri.” Lisa Krisdayanti

“berhatilah yang baik karena dari hatilah yang membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dari orang lain. Hindari bullying karena membuat hati tertanggu.” Anugrah.

“menurut saya bullying itu tidak baik karena dapat mengganggu dan menyinggung perasaan orang lain.” Rifka Aulia Basri.

“pada dasarnya kasus bully terjadi karena beberapa factor, salah satunya adalah ketidaksukaan atau kebencian pada korban. Seperti yang pernah saya alami, saya dibully karena menurut mereka saya terlalu sok ketika pelajaran sedang berlangsung, padahal menurut saya itu bukan sok tetapi itulah cara saya mengekspresikan pendapat saya dalam pelajaran.”Nadila.

“jangan pernah kita mengejek teman atau sahabat kita. Meskipun menurut kita itu hanya candaan tapi itu bisa saja mempengaruhi mentalnya dan bahkan itu juga dapat memicu terjadinya bully karena dia ingin balas dendam meskipun itu tidak dilakukan kepada kita.” Arruanlaya.

“solusi menghindari bullying ialah memiliki sikap social terhadap orang lain, menumbuhkan sikap toleran, menumbuhkan rasa kasih saying terhadap seseorang dan menumbuhkan sikap menghargai kepada seseorang.” Alfina Dinda.

“menurut saya penyebab orang membully, salah satunya karena adanya rasa kedudukan atau derajat social yang tinggi hingga seseorang tersebut melakukan bully terhadap orang yang derajatnya dibawah. Contohnya orang kaya membully orang miskin dan mungkin apabila adanya perbedaan ras, agama dan suku yang mengakibatkan hal tersebut terjadi.” Violeta Inelsa.

“bullying ini terjadi karena adanya ketidak sadaran masing-masing yang selalu melihat kejelekan orang laintanpa harus melihat kejelekannya sendiri yang membuat orang lain tidak senang hati dan membuat dirii sendiri tidak ada manfaatnya karena lebih banyak mengurusi kehidupan orang lain. Menurut saya lebih baik bullying ini tidak dilakukan agar tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.” Aulia Rusdi.

“jangan takut menegur orang yang membully kita dan berikan teguran yang membuat dirinya sadar bahwa didunia ini tidak ada yang diciptakan dengan sempurna, pasti orang yang membully kita juga punya kekurangan tersendiri.” Cahaya Anggraeni.

“bullying saat ini sangat memprihatinkan apalagi di media social, ini yang harus diperhatikan. Buktikan bahwa kita anak muda dapat mengola rasa cinta damai.” Mardewi.

“kita harus menyadari bahwa bullying itu menyakitkan, kita harus sadar untuk tidak membully seseorang, karena kalau kita juga dibully pasti kita akan merasa sakit hati.” Zilmi Mutiara Nabila.

“solusi agar tidak menjadi target bully dari kakak kelas, sebagai adik kelas kita harus menghargai orang yang lebih tua, dan memperbaikii tingkah laku kita didepan seseorang baik itu adek kelas maupun kakak kelas.” Muh. Sinan Alfarabi.

“kita sebagai anak Indonesia harus memiliki solidaritas dan hubungan pertemanan yang kuat. Kita juga perlu memghargai kekurangan orang lain karena tuhan menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling melengkapi dan menghargai satu sama lain.” Inri Natalia Firhan Pongkapadang.

“ada beberapa hal mengapa seseorang melakukan bullying seperti ingin mengambil kendali dan dianggap palung berkuasa dan ingin mendapat perhatian lebih dari lingkungan sekelilingnya.” Nurhalisyah.

“ada yang dibully karena dia sangat pintar diantara seluruh siswa di sekolah. Karena semuanya merasa iri hari, mereka mengumpulkan teman-teman dan membully siswa yang sangat pintar itu dengan cara mencaci maki, memukul dan mendorongnya. Si anak pintar tidak bisa melawan karena hanya seorang diri, dia hanya bisa menjatuhkan air mata. Menurut saya, bullyimng itu sangat tidak baik karena dapat merendahkan fisik dan mental orang lain.” Dafid.

“bullying artinya perundungan. Bullying adalah salah satu perbuatan atau kelakuan terhadap sesame baik secara fisik ataupun verbal. Menurut saya bullying atau perundungan harus dihentikan dan dicegah.” Mirnawati.

“kisah seorang siswa korban bully yang berhasil bangkit dengan keyakinan bahwa dirinya bisa bangkit dapat menjadi contoh bagi siswa lain. Penindakan terhadap kasus bullying semestinya mendapat perhatian lebih khususnya pihak-pihak sekolah dalam mengambil kebijakan guna melahirkan generasi yang berkualitas.” Khofifah Rasmi.

“biasanya seseorang yang suka membully pun juga memiliki masalahnya tersendiri dan membuatnya mencari pengaliohan atau hiburan akan masalahnya tersebut dengan mengintimidasi orang lain agar ada orang lain yang juga merasakan penderitaan yang dia rasakan. Dan biasanya orang yang sering melakukan pembullyan, setelah mereka melakukannya mereka terkadang belum merasa puas dan terus menerus mengulanginya tanpa menyadari hal itu berdampak besar bagi kehidupan orang lain.” Salsa Putri Maharani.

“bully biasanya terjadi di sekolah saat jam pelajaran sedang kosong. Dia dibully karena berprestasi sehingga siswa yang lain merasa iri.” Muhammad Sulfadar.



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar