Perlindungan Anak

Susun Perda Pencegahan Perkawinan Anak, DP3A Sulteng Libatkan Yayasan Karampuang


Susun Perda Pencegahan Perkawinan Anak, DP3A Sulteng Libatkan Yayasan Karampuang


Palu – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) menggelar rapat Penyusunan Peraturan Daerah (Perda) Pencegahan Perkawinan Anak. Rapat yang berlangsung di Ruang Kerja Kepala DP3A Sulteng, Selasa (3/3/20), turut melibatkan Yayasan Karampuang sebagai lembaga yang bergerak dibidang perlindungan anak, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan beberapa Lembaga non pemerintahan.

Perwakilan Yayasan Karampuang, Program Officer Kab. Sigi, Amriadi menyampaikan bahwa sebelumnya Yayasan Karampuang juga telah mengikuti proses penyusunan perda terkait pencegahan perkawinan usia anak di Sulawesi Barat (Sulbar). Yang mana, Perda Sistem Perlindungan anak Sulbar direvisi dengan memasukkan poin perkawinan anak dalam tambahan bab/pasalnya.

Selain itu, Amriadi juga memberi input mengenai hal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi barat, salah satunya dengan mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Bupati di Sulbar untuk membentuk Kelompok Kerja (Pokja) pencegahan dan penanganan kawin anak.

Atas pertimbangan tersebut, peserta yang hadir setuju melakukan pengusulan revisi perda yang telah ada dengan memasukkan poin perkawinan anak sebagai tambahan, dan memperhatikan pencegahan dan pananganannya.

Pihak DP3A Sulteng menyampaikan bahwa pertemuan tersebut merupakan tahap awal, dan akan melakukan rapat lanjutan dengan kembali melibatkan lembaga non pemerintahan yang bergerak dibidang perlindungan anak. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar