Pendidikan

Tangani ATS, Pemdes/kelurahan Susun Perencanaan Pendidikan Berbasis Data


Tangani ATS, Pemdes/kelurahan Susun Perencanaan Pendidikan Berbasis Data


Palu Saat ini sebanyak 12 desa/kelurahan pilot program pendidikan di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) tengah menyusun Perencanaan Pendidikan Berbasis Data (PPBD). Hal tersebut sebagai upaya penanganan anak tidak sekolah (ATS) yang dijalankan oleh Yayasan Karampuang kemitraan Unicef Indonesia bekerjasama dengan pemerintah Kab/Kota Pasigala.

Berdasarkan keterangan Program Officer Yayasan Karampuang, Irfan Dj, Perencanaan Pendidikan Berbasis Data (PPBD) dilakukan dengan memanfaatkan data Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Data (SIPBM). Dimana, perangkat desa/kelurahan menganalisa masalah ATS didaerahnya, lalu membuat peta sosial ATS hingga merumuskan rencana aksi penanganan ATS, yang selanjutnya akan dimasukkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Kelurahan.

“PPBD ini dilakukan 3 tahap, mulai dari menganalisis masalah atau penyebab anak tidak sekolah, lalu membuat peta sosial yaitu memetakan alamat, usia dan sekolah rujukan anak. lalu menyusun rencana aksi untuk penanganan anak tidak sekolah yang akan dimasukkan dalam RKPDesa maupun Rencana Kerja Kelurahan.” Paparnya saat kegiatan PPBD tahap 3, di Kota Palu, Jumat (18/12/2020).

Selanjutnya, kata Irfan, semua desa/kelurahan pilot program akan menggelar launching Gerakan kembali Bersekolah (GKB) sekaligus melakukan advokasi kepada pemerintah tingkat Kabupaten/Kota Palu, Sigi dan Donggala terkait perencanaan pendidikan berbasis data.

“Semua desa dan kelurahan pilot program akan melakukan launching Gerakan Kembali Bersekolah, dimomen itu juga sekaligus dilakukan advokasi perencanaan pendidikan berbasis data. Jadi masing-masing fasilitator PPBD akan mempresentasikan hasil perencanaan penanganan ATS yang telah disusun di desa dan kelurahan masing-masing.” Terangnya.

Adapun 12 desa/kelurahan pilot program pendidikan diantaranya, Kelurahan Kabonena, Kelurahan Tipo, Kelurahan Lambara, Kelurahan Pantoloan Boya, Desa Padende, Desa Kabobona, Desa Soulove, Desa Loru, Kelurahan Gunung Bale, Desa Loli Tasiburi, Desa Wani Satu dan Desa Dalaka. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar