Umum

Tanggap Bencana, Yayasan Karampuang Buka Posko Bantuan


Tanggap Bencana, Yayasan Karampuang Buka Posko Bantuan


Mamuju – Menanggapi dampak gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter yang mengguncang wilayah Kabupaten Majene dan Kabupaten Mamuju pada 15 Januari lalu, Yayasan Karampuang sigap membuka posko bantuan. Yayasan Karampuang membuka posko dapur umum di dua titik, yaitu di Kantor Yayasan Karampuang dan di Lingkungan Tima, kelurahan Mamunyu.

Berdasarkan keterangan Direktur Yayasan Karampuang, Ija Syahruni, posko dapur umum di Kantor Yayasan Karampuang tersebut diperuntukkan untuk warga sekitar, juga para relawan yang membutuhkan. Sementara dapur umum yang didirikan di Lingkungan Tima, Kelurahan Mamuju melayani pengungsi kurang lebih 200 Kepala Keluarga.

“mulai hari pertama, kami telah membuka posko dapur umum. Ini diperuntukkan untuk warga disekitar kantor dan teman-teman relawan yang membutuhkan dan yang telah berkoordinasi dengan kami. Selian itu ada juga satu titik di posko pengungsian yang diperuntukkan bagi pengungsi di Lingkungan Tima Kelurahan Mamunyu.” Urai Ija.

Selain dapur umum, posko Yayasan Karampuang juga menjadi posko penyaluran bantuan. Ija menyebut bahwa pihaknya menerima bantuan untuk disalurkan ke beberapa posko yang telah didata.

Menurut Ija, tim Yayasan Karampuang telah melakukan pemetaan desa/kelurahan terdampak bencana yang statusnya berat , sedang dan ringan. Termasuk pemetaan berbasis posko pengungsian, mulai dari jumlah pengungsi, jenis kelamin dan informasi lainnya. Data tersebut kemudian menjadi acuan dalam penyaluran bantuan.

Hingga hari ini, Senin (18/1) posko bantuan Yayasan Karampuang masih berjalan, baik aktivitas dapur umum maupun penyaluran bantuan dari donator berupa air minum, mie instan, tenda, terpal, selimut, dan kebutuhan pokok lainnya. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar