Perlindungan Anak

Telah Dilatih, Operator Desa dan Faskes Siap Cetak Akta Kelahiran Ditempat


Telah Dilatih, Operator Desa dan Faskes Siap Cetak Akta Kelahiran Ditempat


Palu – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Kab Sigi dan Kabupaten Donggala kini siap menjalankan komitmennya untuk mempermudah layanan Akta Kelahiran dengan system online dan cetak ditempat layanan. Sejumlah operator layanan utusan desa/kelurahan, serta utusan fasilitas kesehatan (faskes) seperti puskesmas, Rumah Sakit Umum (RSU) dan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) telah mendapat pelatihan pelayanan Akta Kelahiran. Pelatihan tersebut berlangsung hari Senin hingga Rabu (16-18 Maret 2020) di Amazing Hotel Palu.

Pelayanan Akta Kelahiran online yang akan berlangsung dibeberapa titik, sangat mudah dijangkau oleh masyarakat karena tidak lagi harus ke Kantor Disdukcapil Kab/Kota. Pencatatan akta kelahiran dengan system online tersebut melibatkan operator ditempat layanan yakni desa/kelurahan, puskesmas, RSU dan RSIA, operator di Disdukcapil Kab/Kota dan Administrator (ADB) Disdukcapil.

Pada prosesnya, operator layanan desa/kelurahan dan operator faskes dapat menerima berkas pemohon, melakukan penginputan pada aplikasi secara online, kemudian diverifikasi oleh operator Disdukcapil juga secara online. Jika berkasnya telah sesuai dengan persyaratan pembuatan Akta Kelahiran, maka Disdukcapil dapat langsung menerbitkan. Lalu kutipan Akta Kelahirannya dikirim kembali ke tempat layanan sehingga dapat langsung dicetak oleh operator desa/kelurahan, puskesmas, RSU dan RSIA.

“Pencetakan aktanya ditempat pelayanan bapak ibu. Jadi begitu datang pemohon membuat akta, dia akan mendapatkan kutipan akta lahir dan juga kartu keluarga resmi dari Disdukcapil dan itu bisa dicetak langsung oleh bapak ibu yang ada di tempat pelayanan.” Jelas Pitrasacha, selaku Narasumber dan tim IT pembuat aplikasi layanan Akta Kelahiran online.

Sekretaris Disdukcapil Provinsi Sulawesi Tengah, Rizal yang hadir membuka kegiatan Pelatihan Operator layanan Akta Kelahiran secara resmi, berharap disdukcapil Pasigala dan tempat pelayanan online dapat benar-benar berkomitmen untuk mempermudah masyarakat.

“Insya allah tidak menutup kemungkinan, pelayanan online ini kita jalankan di tempat lain bukan hanya pasigala, tapi diseluruh kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tengah” harapnya.

Pelayanan Akta Kelahiran secara Online dapat berjalan atas kerjasama Pemerintah Kab/Kota Pasigala dengan Yayasan Karampuang dan didukung oleh Unicef Indonesia. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar