Umum

Tidak Perlu Repot dan Gratis, Dokumen Kependudukan Langsung Jadi di Tempat


Tidak Perlu Repot dan Gratis, Dokumen Kependudukan Langsung Jadi di Tempat


PALU - Tidak perlu repot dan gratis. Itulah yang bisa dirasakan masyarakat Kota Palu dan Kabupaten Sigi serta Donggala (Pasigala), Sulawesi Tengah, terkait mengurus dokumen kependudukan. Dokumen itu seperti Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan akte kematian.

Yayasan Karampuang Mamuju bekerjasama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu, turun langsung mendatangi masyarakat untuk membuatkan dokumen tersebut. Sehingga, masyarakat tidak perlu datang dan antri lagi di kantor Disdukcapil Palu.

“Tidak perlu repot dan gratis. Semua dokumen itu langsung jadi di tempat. Jadi, masyarakat tidak harus menunggu lama lagi,” kata Program Officer Yayasan Karampuang, Hanafi Saro, Selasa (23/4).

Setiap menggelar program tersebut, Yayasan Karampuang Mamuju dan Disdukcapil Palu, membuka tempat pelayanan di kantor kelurahan sesuai yang dijadwalkan.

“Program ini sudah masuk tahap II. Dimana tahap I, kami gelar bulan Desember 2018 lalu. Fokus pelayanan tahap I, kami khususkan untuk masyarakat korban bencana di wilayah Pasigala,” tambah Hanafi.

Setiap tahapan, tambahnya, menjadwalkan sembilan lokasi atau wilayah yang ada di Pasigala. Sedangkan untuk tahap II ini, difokuskan di kantor-kantor kelurahan yang masuk dalam jadwal.

“Untuk Kabupaten Donggala, kami menjadwalkan tujuh lokasi. Jadi setiap tahap, ada 25 titik atau tempat yang akan kami datangi setiap harinya. Hari ini, kami buka pelayanan di wilayah Pantoloan Boya,” tambahnya.

Untuk tahap II ini, lanjut Hanafi, sudah berjalan selama empat hari. Sembilan lokasi yang mereka datangi, semua masuk dalam wilayah Kota Palu.

“Karena banyaknya keluhan masyarakat terkait proses pengurusannya, kami membuat program ini. Jadi kami berusaha memotong birokrasi yang ada, untuk pengurusan dokumen tersebut. Semata-mata untuk membantu masyarakat,” jelasnya.

Saat dikonfirmasi, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Kota Palu, Alfrin Magdalena, membenarkan hal tersebut.

“Saya merespon positif kerjasama dengan Yayasan Karampuang Mamuju ini. Sangat membantu masyarakat dalam pengurusan. Ini juga memangkas waktu dan biaya yang dikeluarkan masyarakat, dalam pengurusan dokumen tersebut,” ujar Alfrin. (Taf/suarapalu.com)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar