Umum

Wagub Sulteng Minta Unicef Tetap Jaga Kearifan Lokal


Wagub Sulteng Minta Unicef Tetap Jaga Kearifan Lokal


PALU – Kepala Perwakilan Unicef wilayah Sulawesi dan Maluku Hengki Wijaya bersama konsultan pendidikan Unicef Moh Zakir dan staf Yayasan Karampuang Mamuju {YKM} melakukan silaturahmi ke wakil gubernur {wagub} Sulteng Rusli Dg Palabbi, di ruang wagub kantor gubernur Sulteng, Rabu {29/1/2020}.
Kunjungan Unicef yang berlangsung selama 1 jam itu, berjalan santai dengan berbagai topik pembahasan dan memaparkan kerja-kerja kemanusiaan Unicef selama berada di Palu, Sigi dan Donggala {Pasigala} mulai pasca bencana medio 28 September 2018 hingga saat ini.
Hengki Wijaya menjelaskan, Unicef bersama YKM sudah melakukan kerja kemanusiaan diantaranya program sanitasi, pelayanan dokumen kependudukan berbasis online bekerjasama dengan Dukcapil Sulteng hingga pencegahan perkawinan anak lewat program pendidikan Lingkar Remaja di pengungsian dan kelurahan/desa. “Unicef sudah bekerja selama setahun lebih di Pasigala untuk program kemanusiaan khususnya kebutuhan dokumen dan pendidikan anak. Kami berharap program tersebut bisa bermanfaat ke masyarakat dan mendapat dukungan dari pemerintah provinsi Sulteng,” tutur Hengki.
Mendengar beberapa penjelasan dari Unicef, Wagub Sulteng Rusli Dg Palabbi mengapresiasi kerja kemanusiaan yang sudah dilakukan Unicef dan YKM di Pasigala. “Pemprov Sulteng tentu sangat berterima kasih atas apa yang sudah dilakukan Unicef. Saya hanya berharap kerja kemanusiaan itu tetap menjaga kearifan lokal masyarakat setempat,” pinta wagub Sulteng.
Sementara itu Program Manager YKM Aditya Yudistira menambahkan, YKM yang disupport Unicef Indonesia juga akan melaksanakan layanan dokumen kependudukan berbasis IT di beberapa kelurahan, desa, rumah sakit dan puskesmas di wilayah Pasigala. “Nantinya kelurahan, desa, rumah sakit dan puskesmas di 14 titik lokasi akan dipasangkan aplikasi pengimputan dan Unicef akan memasang server di 3 kantor Dukcapil di Pasigala. Ini semua kami lakukan untuk memudahkan warga dalam memperoleh dokumen kependudukan,” ujar Aditya.
Diakhir silaturahmi, Hengki Wijaya menyerahkan cindera mata ke wagub Sulteng dan sesi foto bersama kepala perwakilan Unicef wilayah Sulawesi dan Maluku, wagub Sulteng dan staf YKM. {N4FI}


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar