Umum

YKM serahkan Aplikasi Data Pembangunan Desa Berbasis Android ke Pemdes Bababulo dan Bababulo Utara


YKM serahkan Aplikasi Data Pembangunan Desa Berbasis Android ke Pemdes Bababulo dan Bababulo Utara


Majene – Yayasan Karampuang Mamuju (YKM) terus mendorong desa dalam melakukan perencanaan pembangunan berbasis data. Atas kerjasamanya dengan Pemerintah Kabupaten Majene, YKM telah mendukung Desa Bababulo dan Desa Bababulo Utara, Kecamatan Pamboang untuk melakukan pengumpulan data pembangunan desa melalui aplikasi pada android.

Dukungan tersebut salah satunya ditandai dengan penyerahan secara simbolis Aplikasi data pembangunan desa berbasis android oleh Yayasan Karampuang kepada pemerintah desa Bababulo dan Bababulo utara Pada Sabtu dan Minggu 29-30 Mei 2021 di Kantor Desa masing-masing. Yang mana aplikasi tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Yayasan Karampuang, Ija Syahruni.

Ija Syahruni mengatakan, dengan kepemilikan data yang valid, desa dapat membuat perencanaan yang lebih tepat sasaran. Olehnya itu, aplikasi tersebut diserahkan kepada desa agar dapat mengelola dan mengupdate datanya sendiri.

“Harapannya, aplikasi ini bisa dipakai oleh desa untuk melakukan proses updeting data dimasa akan datang, karena data ini merupakan data sosial, data bergerak, hari ini ada orang meninggal, hari ini ada orang lahir, hari ini ada orang datang, dan hari ini juga bisa jadi ada orang yang pergi, seperti itu, makanya memang aplikasi ini akan ditinggalkan di desa dan akan digunakan oleh teman-teman desa nantinya” Sebutnya usai melakukan penyerahan secara simbolis pada rangkaian kegiatan Focus Group Discussion (FGD) di Desa Bababulo, Sabtu (29/5).

Untuk diketahui, sebelum Aplikasi data pembangunan desa berbasis android diserahkan, terlebih dahulu ada pemaparan aplikasi yang dilakukan oleh pendata dalam proses pendataan. Yang mana pendata tersebut merupakan warga setempat yang telah dilatih khusus. Setelah itu, pihak Yayasan Karampuang menunjukkan dashboard atau tampilan dari hasil dari pendataan kepada Pemerintah Desa dan pemangku kepentingan di desa. (dhl)



Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar