Pendidikan

YKM Sosialisasikan Program SIPBM dan GKB di Pasigala


YKM Sosialisasikan Program SIPBM dan GKB di Pasigala


Palu – Yayasan Karampuang yang didukung oleh Unicef Indonesia menggelar kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM) dan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB) di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala). Kegiatan tersebut berlangsung satu hari di masing-masing Kabupaten/Kota Pasigala pada 11 – 12 Fabruari 2020.

Pada sosialisasi tersebut, pemerintah daerah kabupaten/kota diperkenalkan system pendataan SIPBM, dimana SIPBM merupakan model pendataan yang bukan hanya menyajikan data mikro pembangunan tapi juga menstimulasi partisipasi mayarakat dalam pembangunan.

Namun demikian, menurut Program Manager Yayasan Karampuang, Aditiya A. Yudistira, data atau informasi dari SIPBM tidak akan memiliki banyak manfaat apabila tidak dijadikan sebagai bahan acuan dalam rangka penyusunan perencanaan oleh masing-masing sector dalam perencaanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Kaitannya dengan Gerakan Kembali Bersekolah (GKB), dari data SIPBM, dapat diketahui jumlah anak yang tidak bersekolah yang kemudian dapat menjadi bahan acuan pemerintah daerah dalam mengembalikan anak yang tidak bersekolah tersebut untuk kembalimendapatkan pendidikan.

Olehnya itu dengan tersosialisasinya program SIPBM, diharapkan pemerintah daerah serta stakeholder terkait dapat berkomitmen dalam  mendukung pelaksanaan program tersebut. Sehingga data yang tersaji dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun program pembangunan utamanya dalam hal pendidikan.

Adapun unsur yang terlibat dalam kegiatan sosialisasi dan advokasi program SIPBM diantaranya Bappeda, Kemenag, BPMPD, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Catatan Sipil, BPS, Dinas Sosial, Camat, Lurah/Kepala Desa, serta lembaga non pemerintahan yang ada di Palu, Sigi dan Donggala. (dhl)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar