Umum

YKM Upgrade Kompetensi 18 Fasilitator Desa


YKM Upgrade Kompetensi 18 Fasilitator Desa


MAMUJU, REPORTASE – Yayasan Karampuang Mamuju (YKM) melatih 18 orang fasilitator desa (fasdes) yang akan mendampingi 6 desa penerima manfaat bantuan pemulihan ekonomi pascagempa dan Covid-19.

 Terlaksana di ekowisata Berkah, Desa Tapandullu, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Senin 21 Juni 2021. Giat berlangsung hingga Rabu 23 Juni 2021.

 Kompetensi mereka ditingkatkan dalam pelbagai aspek. Di antaranya menyusun dinamika Focus Group Discussion (FGD), menjadi fasilitator yang profesional, merangkum persiapan, dan maksimalitas alur kegiatan.

 Diusung guna memastikan fasdes siap, kompeten, dan bersikap profesional mendampingi desa penerima manfaat bantuan Response Toward Resilience (RESTORE) dari United Nations Development Programme (UNDP) melalui YKM.

 “Kunci kesuksesan program ini ada di fasilitator desa. Olehnya perlu dilatih untuk memastikan mereka melaksanakan tugas sesuai tahapan yang telah ditentukan,” ujar Direktur YKM, Ija Syahruni, Rabu 23 Juni 2021.

 Selain materi, YKM pun mengusung simulasi terhadap para peserta. Orientasinya segala kegiatan yang akan mereka laksanakan di desa dampingan. Mulai dari pelaksanaan FGD penetapan kriteria penerima bantuan dan peralatan usaha bersama masyarakat, pembentukan kelompok usaha, verifikasi calon penerima, distribusi bantuan, hingga proses monitoring.

 “Simulasi dilakukan dengan harapan mereka benar-benar tahu dan mampu melaksanakan tupoksinya dengan baik ketika di lapangan,” sebutnya.

 Project Manager RESTORE Project UNDP-YKM, Fauzan mengungkapkan, pelatihan peningkatan kapasitas fasdes merupakan tindak lanjut atas rekrutmen yang sudah dilakukan sebelumnya.

 Ia berharap, para fasilitator dapat mengaplikasikan fungsi peran dalam memfasilitasi jalannya program RESTORE Project yang akan berlangsung hingga Juli mendatang.

 “Harapan kami, para fasdes bisa berperan maksimal dalam mengawal jalannya program ini, sehingga apa yang menjadi harapan serta cita-cita program dapat terwujud,” pungkasnya.

 Bantuan pemulihan ekonomi pascagempa dan Covid-19 berupa bantuan tunai senilai Rp 1 juta. Menyasar 300 pelaku usaha yang berada di enam desa tersebut. Selain itu, ada pula bantuan kelompok usaha. YKM-UNDP akan memberikan bantuan peralatan dan bahan yang akan digunakan bagi kelompok usaha desa untuk menjalankan usahanya. (Reportase.co)


Berikan Penilaian Anda :
Komentar


Tinggalkan Komentar
gambar